by

8 Jet tempur israel terendam banjir

Delapan jet tempur F-16 milik Angkatan Udara Israel dilaporkan rusak setelah hanggar pesawat di pangkalan militer wilayah selatan negara itu diterjang banjir bandang. Banjir bandang menghantam Israel pekan lalu.

Dalam tangkapan layar laporan Channel 12 Israel yang muncul di media sosial pada Senin (13/1/2020), terlihat sebuah jet tempur F-16 yang berada di dalam hanggar tenggelam separuhnya.

Air sepenuhnya merendam bagian bawah jet tempur buatan Amerika Serikat (AS) tersebut. Ujung sayap, sebagian bagian belakang dan moncong jet tempur itupun terlihat terendam air.

Para pejabat Angkatan Udara saat ini sedang melakukan penyelidikan atas insiden tersebut. Mereka mencoba untuk memahami mengapa pangkalan itu tidak siap untuk kemungkinan diterjang banjir, mengingat cuaca badai yang telah menyebabkan banjir di seluruh negeri.

Penyelidikan juga melihat mengapa pesawat tidak dipindahkan dari hanggar yang terkena dampak setelah banjir bandang mencapai pangkalan udara.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF), yang awalnya menolak berkomentar atas insiden ini akhirnya buka suara. Mereka mengatakan banjir membuat sejumlah jet tempur rusak dan proses perbaikan saat ini tengah berlangsung.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.