by

Ini jawaban Instagram setelah dituduh sensor konten palestina

Soppeng.info – Salah satu anak perusahaan teknologi raksasa milik facebook yakni instagram dilaporkan mengubah algoritma mereka setelah dituduh menyensor konten yang berisi pro-Palestina.

Perubahan ini terutama terkait algoritma pengaturan prioritas konten di Instagram. Dua sumber Financial Times menyebut Instagram telah mengubah bagaimana mereka memprioritaskan Instagram Stories yang ditunjukkan di linimasa pengguna.

Juru bicara Instagram sendiri mengatakan ” Secara berkala kami akan memberikan prioritas yang sama terhadap konten yang diposting ulang dibanding dengan konten orisinal ”

Layanan media sosial itu biasanya memprioritaskan konten orisinal daripada konten yang dibagikan ulang di Stories. Dengan perubahan algoritma ini, kedua jenis konten akan dibagikan secara berimbang.

Lebih lanjut, ia menjelaskan kebijakan Instagram untuk mengutamakan konten orisinal ketimbang repost. Menurutnya, konten asli lebih disukai pengguna ketimbang repost.

“Stories yang di repost tidak menjangkau pengguna sebanyak yang kami harapkan dan itu bukan pengalaman yang menyenangkan,” tuturnya seperti dilaporkan Insider.

Tuduhan sensor konten pro-Palestina itu dilayangkan oleh sekelompok pegawai yang mengeluh konten pro-Palestina tidak bisa tampil untuk pengguna ketika konflik Gaza berkecamuk.

“Kami ingin memperjelas, bukan itu maksud kami…Ini berlaku untuk postingan apa pun yang dibagikan ulang di Stories, tentang apa pun itu,” kata juru bicara Instagram.

Perubahan algoritma ini menurut Instagram bukan hanya sebagai tanggapan atas keprihatinan konten pro-Palestina.

Namun, perubahan dilakukan untuk mengatasi masalah konten re-post yang dinilai sulit dijangkau pengguna lain.
Pihaknya meyakini bahwa para pengguna masih lebih memilih untuk melihat Stories original, jadi mereka akan mencari cara bagaimana menyorot konten original di Stories lewat fitur baru.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Lainnya