Olahraga

Perbarui Track Limit, Sirkuit Mandalika Siap Gelar MotoGP 2023

×

Perbarui Track Limit, Sirkuit Mandalika Siap Gelar MotoGP 2023

Share this article
Perbarui Track Limit, Sirkuit Mandalika Siap Gelar MotoGP 2023

Soppeng.info – Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat akan menjadi tuan rumah MotoGP yang dinantikan. Persiapan untuk acara besar ini termasuk pembaruan track limit, yang merupakan bagian penting dari persiapan sirkuit.

Pertamina Mandalika International Circuit terus melakukan perbaikan menjelang pelaksanaan MotoGP. Salah satu langkahnya adalah penggantian cat pada bagian pinggir sirkuit yang mencakup luas seluas 27.381 meter persegi. Mandalika Grand Prix Association (MGPA) telah melakukan beberapa perubahan khususnya pada track limit.

Menurut Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria, beberapa perubahan penting telah dilakukan dalam proses pengecatan. Salah satunya adalah perubahan warna pada track limit. Dia menjelaskan, “Dari sisi luar sirkuit, garis putihnya kita cat ulang. Kemudian kerb-nya yang sudah pudar kita balikin lagi warnanya menjadi merah putih. Peraturan FIM yang baru menetapkan bahwa warna hijau hanya boleh digunakan untuk track limit. Jadi, kita mengganti warna hijau yang sebelumnya ada di luar menjadi merah.”

Perbarui Track Limit, Sirkuit Mandalika Siap Gelar MotoGP 2023

Selain perubahan warna, track limit juga mengalami penyesuaian lokasi. Track limit biasanya adalah garis tepi sirkuit yang berwarna hijau dan terletak di beberapa sektor lintasan. Fungsi utamanya adalah memastikan para pebalap tetap berada di jalurnya dan tidak memanfaatkan keuntungan dengan melebar.

Selain perbaruan track limit, Sirkuit Mandalika juga melakukan perubahan pada timing loop sesuai dengan permintaan Dorna Sports, penyelenggara MotoGP. Priandhi Satria menjelaskan, “Dari Dorna, pengalaman mereka, timing loop sebelumnya ada dari garis putih sampai garis putih. Namun, mereka meminta agar sebagian timing loop dikeluarkan dari garis putih, yaitu dari ujung tembok sampai ujung aspal. Jadi timing loop sekarang mencakup area yang lebih luas dan akan mengukur waktu dari ujung ke ujung transponder.”

Perbaikan ini menunjukkan komitmen Sirkuit Mandalika dalam memastikan keselamatan dan keadilan dalam ajang MotoGP 2023. Semua perubahan ini adalah bagian dari persiapan yang intensif untuk acara MotoGP yang dinanti-nanti. Dengan perbaruan track limit dan perbaikan lainnya, Sirkuit Mandalika siap menyambut para pebalap dan penggemar MotoGP minggu depan

DMCA.com Protection Status